SUBHANALLAH !!! JIKA ANDA BENAR-BENAR CINTA NABI MUHAMMAD" MOHON BAGIKAN?? INILAH MASJID YANG BATUBATANYA DIPIKUL SENDIRI OLEH NABI MUHAMMAD SAW...!!!

 INILAH MASJID YANG BATUBATANYA DIPIKUL SENDIRI OLEH NABI MUHAMMAD SAW.

Di kota Madinah ada banyak tempat bersejarah yang utama untuk diziarahi. Salah satunya adalah Masjid Quba. Inilah masjid yang batu batanya dipikul sendiri oleh Nabi Muhammad SAW.

Masjid Quba terdapat di perkampungan Quba, kurang lebih 3 km. dari arah selatan Bandara Amir Muhammad Bin Abdul Aziz (AMAA). Berkunjung ke masjid ini, dari terlalu jauh akan terlihat empat menara putih tinggi menjulang. Setelah dekat terlihat pohon kurma melingkari masjid.

Masjid Quba tidak sama dengan masjid-masjid yang lain di Madinah. Masjid Nabawi serta masjid lainnya di Madinah hampir tidak mempunyai taman depan yang ditumbuhi tanaman.

Tetapi Masjid Quba mempunyai taman depan serta belakang dengan pohon-pohon kurma yang rindang. Di depan masjid bahkan ada air mancur. Masjid ini berdiri diatas tanah seluas 5. 035 mtr. persegi.

Quba senantiasa jadi maksud wisata ziarah beberapa jemaah haji, tak heran apabila masjid ini senantiasa padat. Ada satu kisah Nabi Muhammad SAW menyebutkan, apabila berkunjung ke Masjid Quba untuk salat pahalanya sama juga dengan lakukan beribadah umrah. Kisah itu sampai saat ini masihlah tertempel di dinding luar Masjid Quba.

Masjid Quba di bangun pada hari Senin, 8 Rabiul Awal atau 23 September 622 Masehi. Kala itu Nabi dalam perjalanan pindah dari Mekah menuju Madinah. Dalam perjalanan hijrahnya Nabi yang tiba di perkampungan Quba singgah selama 4 hari berbarengan Bani Amru bin Auf dirumah Kalthum bin Al Hadm.

Di hari pertama saat tinggalnya di perkampungan Quba, Nabi bangun masjid. Berikut masjid pertama yang di bangun suri tauladan umat Islam itu. Seperti diriwayatkan As-Syimus binti An Nu'man, waktu itu Nabi menanggung batubata sendiri sampai bungkuk badannya.

Badan Nabi waktu itu hingga penuh debu dan pasir. Namun Nabi tidak mau para sahabat mengambil beban yang dibawanya. Ia memohon beberapa sahabat supaya membawa beberapa bahan bangunan yang lain. Sesudah bangun masjid, Nabi mengimami salat secara terbuka bersama-sama para sahabat di Masjid Quba.

Semasa hidupnya, Nabi senantiasa pergi ke Masjid Quba setiap hari Sabtu, Senin dan Kamis. Sesudah Nabi wafat, beberapa sahabat selalu menziarahi masjid ini dan melakukan salat di dalamnya.

(Ism, Sumber : Kemenag. go. id)

0 Response to "SUBHANALLAH !!! JIKA ANDA BENAR-BENAR CINTA NABI MUHAMMAD" MOHON BAGIKAN?? INILAH MASJID YANG BATUBATANYA DIPIKUL SENDIRI OLEH NABI MUHAMMAD SAW...!!!"

Posting Komentar