MASYA ALLAH.. Menakjubkan,, Prajurit TNI Berlomba Lantunkan Alquran dengan Merdu di MHQ dan MTQ..Baca dan Tolong di Bagikan..?

MASYA ALLAH.. Menakjubkan,, Prajurit TNI Berlomba Lantunkan Alquran dengan Merdu di MHQ dan MTQ..Baca dan Tolong di Bagikan..?


Mabes TNI membuat terobosan pembinaan kehidupan beragama bagi prajurit Muslim, dengan menggelar MHQ dan MTQ.

Musabaqah Hifzhil Quran (MHQ) dan Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) merupakan ajang perlombaan mengaji yang kerap diikuti oleh para pelajar dan santri. Mereka yang terjun di bidang kemiliteran sebagai prajurit Tentara Nasional Indonesia (TNI) jarang terlibat dalam ajang semacam ini.

Tetapi, Markas Besar (Mabes) TNI mencoba membuat terobosan. Sebagai bentuk pembinaan spiritual bagi prajurit Muslim, TNI menggelar MHQ dan MTQ untuk seluruh matra angkatan.

Dari laman tni.mil.id, acara ini digelar di Gelanggang Olahraga Raga (GOR) Ahmad Yani Mabes TNI dan dibuka oleh Inspektorat Jenderal TNI Letjen TNI Syafril Mahyudin mewakili Panglima TNI.

Kompetisi ini bertujuan untuk memperluas pemahaman, penghayatan, dan pengamalan Alquran untuk meningkatkan iman dan taqwa di lingkungan prajurit Muslim TNI, sekaligus menumbuhkan minta membaca, menerjemahkan serta menghafal Alquran.

Selain itu, kompetisi ini juga diadakan untuk mempersiapkan peserta mengikuti MHQ dan MTQ tingkat internasional yang digelar setiap dua tahun sekali di Arab Saudi.

Kompetisi ini diikuti oleh 48 peserta yang terbagi dalam enam kafilah. Kafilah tersebut yaitu Kafilah TNI AD dengan delapan peserta, Kafilah TNI AL sebanyak delapan orang, Kafilah TNI AU sebanyak delapan orang, Kafilah Mabes TNI sebanyak delapan orang, Kafilah Kemhan sebanyak delapan orang, serta Kafilah Polri sebanyak delapan orang.

"Upaya ini kita laksanakan berangkat dari pemahaman kecerdasan menurut Alquran, bahwa kecerdasan bukanlah sekedar kecerdasan kognitif, melainkan kecerdasan multidimensional berbasis kesadaran eksistensial ke dalam dan ke luar," ujar Syafril membacakan amanat Panglima TNI dalam pembukaan MHQ dan MTQ.

Syafril mengatakan kecerdasan eksistensial ke dalam berarti manusia mampu mengenali dirinya sebagai perwujudan khusus dari ciptaan Allah SWT. Sehingga, menurut dia, manusia harus mampu mengenali potensi yang ada dalam dirinya.

"Sebagai dasar pembentuk karakter personal bangsa Indonesia," terang Syafril.

Sementara kesadaran eksistensial ke luar adalah manusia cerdas mampu mengenali dan mengembangkan ajaran dalam Alquran sebagai sistem nilai, pengetahuan dan perilaku bersama melalui olahpikir, olahrasa, olahkarsa dan olahraga.

0 Response to "MASYA ALLAH.. Menakjubkan,, Prajurit TNI Berlomba Lantunkan Alquran dengan Merdu di MHQ dan MTQ..Baca dan Tolong di Bagikan..?"

Posting Komentar