Ketahuilah Asal Usul Mengapa Biji Tasbih di Indonesia Berjumlah 99 Butir ..!!! Inilah Penjelasannya,..Baca dan Tolong di Bagikan..?

Ketahuilah Asal Usul Mengapa Biji Tasbih di Indonesia Berjumlah 99 Butir ?

Tasbih adalah salah satu media yang digunakan umat islam unuk berdzikir. Tasbih sudah sejak lama sekali dikenal sebagai salah satu media berdoa bahkan sejak masa sebelum datangnya islam. 

Asal Usul Mengapa Biji Tasbih di Indonesia Berjumlah 99 Butir

Menurut sumber yang didapat, sejarah tentang asal usul tasbih ini masih simpang siur, dikarenakan tidak hanya pada agama Islam, tasbih juga dikenal di agama lain. Akan tetapi jumlah butir tasbih yang berbeda. Seperti pada literature umat Budha yang menggunakan media semacam tasbih dengan hitungan sebanyak 180 butir. 

Selain itu ada Syekh Bakr bin Abdillah Abu Zaid dalam Da’iratul-Ma’arif Al-Islamiyyah 11/233-234 dan Al-Mausu’at Al-‘Arabiyyah Al-Muyassarah 1/958 yang menyebutkan semacam tasbih juga digunakan dalam agama Katolik yang hanya terdiri dari 50 biji. Tasbih pada agama Katolik bentuknya yang kecil dibagi dengan empat biji pemisah, dengan biji tasbih yang lebih besar dan pada mata tasbih ditandai dengan tanda salib. 

Sedangkan di agama islam, tasbih digunakan untuk berdzikir, terutama ketika selepas sholat. Orang Arab menyebutnya biji tasbih dengan bermacam-macam nama, diantaranya adalah subhah, misbahah, tasaabih, nizaam. 

Sementara orang-orang sufi menyebutnya dengan al mudzakkirah billah(pengingat kepada Allah), raabitatul qulub (pengikat hati), hablul washl atau sauth asy syaithan (cambuk syaitan). 

Untuk mengucapkan bacaan tasbih secara berulang-ulang ini diciptakanlah alat yang disebut misbaha dan di Indonesia sendiri disebut juga dengan nama biji tasbih terkadang disingkat menjadi tasbih (tasbeh) saja. Biasanya biji tasbih dibuat dari kayu, namun ada pula biji tasbih yang dibuah dari bji-biji zaitun. 

Umumnya seutas biji tasbih terdiri dari 99 batu. Angka 99 ini melambangkan 99 Asma Allah. Namun ada pula biji tasbih yang terdiri dari 33 atau 11 batu-batuan. Pada kedua kasus terakhir ini, sang pengguna harus mengulangi lingkaran tiga atau sembilan kali.

Lalu mengapa Biji Tasbih di Indonesia Berjumlah 99 ?Ada Sebuah Cerita yang mengisahkan mengapa jumlah biji tasbih di Indonesia ada 99 butir. Kisah ini bercerita tentang Sunan Bonang dan Sunan Giri.

Konon cerita tersebut diawali dari Sunan Bonang adalah salah satu dari Wali Songo, ketika Sunan Bonang sedang berzikir dengan khusuknya, tiba-tiba tasbih di tangannya putus talinya, maka secara spontanitas biji tasbih yang berjumlah 100 buah jatuh berantakan.

Para santri yang menyaksikan bahwa tasbih dzikir Gurunya segera membantu untuk mengumpulkan biji-bijian tasbih tersebut lalu diperbaiki kembali. pada saat sudah menjadi untaian tasbih kembali ketika di hitung ternyata tertinggal 99 buah , masih satu biji yang hilang. Dari sinilah sejarah tasbih mengapa bijinya kok 99 buah yang beredar banyak di Indonesia.

Setelah lama dicari , tanpa di duga Sunan Giri yg saat itu sbg murid beliau, menemukannya namun ketika di berikan pada Sunan Bonang , beliau malah berkata " BIARLAH YANG SATU ITU DI TANAM SAJA , UNTUK MENGHIDUPKAN ANAK CUCU DISINI ", dari kata kata Sunan Bonang ini sangat banyak sekali memiliki makna tuah untuk jenis pohon pisang ini.

Waktu seiring berjalan maka muncullah Pohon pisang yang berbiji di bekas tananamn biji tasbih Sunan bonang itu dan ternyata jenis pisang itu buahnya tidak bisa di makan karena mengandung biji - bijian. Hingga akhirnya oleh para santri biji pohon pisang ini di buat tasbih, hingga akhirnya dari turun temurun sudah menjadi kerajinan rakyat TUBAN ,yaitu TASBIH BIJI PISANG SUNAN BONANG yang berada di propinsi JAWA TIMUR .

Wallahu'alam...

0 Response to "Ketahuilah Asal Usul Mengapa Biji Tasbih di Indonesia Berjumlah 99 Butir ..!!! Inilah Penjelasannya,..Baca dan Tolong di Bagikan..?"

Posting Komentar